Analisis Iklan dari Sudut Pandang Semiotika

IKLAN CITRA BERAS JEPANG

Ikon dalam iklan “Citra Beras Jepang” terdiri dari rok pendek, sepatu high heels, kacamata berbingkai hitam, hamparan padi, gunung fuji, butiran beras, tetesan embun dan rangkulan.

Rok pendek merupakan sebuah ikon dari wanita remaja yang stylish dan trendy. Visualisasi dalam iklan tersebut menggambarkan

rok pendek berwarna hijau nan anggun jatuh terurai secara halus, yang memancarkan pesona wanita dinamis. Hal ini dilengkapi dengan pemakaian high heels yang membuat wanita lebih terlihat anggun. Diungkapkan secara tidak langsung bahwa dengan memakai “Citra Beras Jepang” seorang wanita akan terlihat cantik dengan kulit putih halus mulus tanpa adanya bintik noda.

Kacamata berbingkai hitam disini sebagai simbol ketegasan seorang wanita yang disimbolkan dengan kepala sekolah wanita. Dalam konteks ini, diharapkan “Citra Beras Jepang” mampu meluluhkan kekakuan dalam hati seorang wanita.

Hamparan padi menggambarkan padi itu sendiri yang kaya manfaat, khususnya untuk menyamarkan noda, menyerap minyak dan vitamin E untuk regenerasi kulit.

Gunung Fuji menjadi sebuah indeks Negara Jepang, yang merupakan negara dengan kemajuan ekonomi yang pesat namun tidak melupakan nilai-nilai traditional dan kekayaan alam. Hal ini mengangkat gambaran masyarakat tentang beras Jepang yang berasal dari Jepang.

Tetesan embun akan menggambarkan kesegaran dan kesejukan bagi tubuh. Hal ini divisualisasikan dengan tetesan embun yang bermuara menjadi tetesan lotion di atas kulit wanita yang memberikan kesegaran ekstra.

Visualisasi rangkulan pada iklan “Citra Beras Jepang” menyimbokan pergaulan wanita dinamis yang segar dan ceria. Produsen menjanjikan dengan pemakaian produknya, dapat mempererat jalinan pertemanan.

Penginformasian dan pembujukan, selain tampak pada visualisasi model iklan juga terbaca dalam kalimat “Kulit tampak cerah, noda hitam tersamarkan” hal ini menyatakan bahwa dengan memakai produk tersebut kulit wanita akan tampak lebih cerah, dan bintik hitam menjadi tersamarkan sedikit demi sedikit, kemudian hilang dengan sendirinya. Kalimat tersebut juga diperkuat dengan slogan “Menyamarkan noda untuk kulit tampak lebih cerah”.

Iklan

Ditandai:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: